Jumat, 01 Maret 2013


Antioksidan adalah substansi yang dapat menangkal oksidasi molekul lain. Mengenal antioksidan seperti nutrisi (vitamin dan mineral) maupun enzim (protein di dalam tubuh yang membantu dalam reaksi kimia) dapat menjadi bekal untuk kesehatan tubuh. Oksidasi adalah reaksi kimia yang mentransfer elektron atau hidrogen dari suatu zat ke agen oksidator. Rekasi oksidasi dapat menghasilkan radikal bebas. Beberapa radikal timbul secara normal di dalam tubuh selama metabolisme. Terkadang sel-sel sistem kekebalan tubuh sengaja menciptakan mereka untuk menetralisir virus dan bakteri. Namun, faktor lingkungan seperti polusi, radiasi, asap rokok, dan herbisida dapat menelurkan radikal bebas.

Biasanya tubuh dapat menangani radikal bebas, tetapi jika antioksidan tidak tersedia atau jika produksi radikal bebas berlebihan maka kerusakan dapat terjadi. Yang berakibat tubuh kita menjadi sakit. Dengan mengenal antioksidan, Anda dapat melakukan pencegahan akan penyakit-penyakit yang mungkin timbul. Antioksidan dipercaya berperan dalam mencegah perkembangan penyakit kronis seperti kanker, jantung, stroke, dan katarak.
Antioksidan banyak terdapat pada buah-buahan, sayuran, sereal gandum, telur, daging, dan kacang-kacang. Dengan mengkonsumsinya secara teratur dapat menyuplai antioksidan untuk tubuh. Untuk mempertahankan antioksidan dalam makanan, harus diperhatikan jangka waktu penyimpanan dan memasaknya. Beberapa antioksidan seperti lycopene dan asam askorbat dapat hancur/rusak akibat penyimpanan dalam waktu berkepanjangan atau memasak dalam waktu yang lama. Senyawa antioksidan lainnya lebih stabil seperti antioksidan polifenol dalam makanan seperti sereal gandum dan teh.
Efek dari memasak dan pengolahan makanan adalah kompleks. Karena proses-proses ini dapat juga meningkatkan ketersediaan hayati dari antioksidan, seperti beberapa karotenoid dalam sayuran. Secara umum, makanan olahan mengandung antioksidan lebih sedikit dari makanan segar dan mentah, karena proses persiapan dapat mengekspos makanan ke oksigen.
Mengenal antioksidan dan makanan apa saja yang menghasilkannya serta apa yang dapat merusaknya sangat penting. Karena hal ini berhubungan dengan kesehatan tubuh kita. Jika tubuh kekurangan antioksidan sedangkan di lingkungan kita terdapat banyak radikal bebas maka kita dapat dengan mudah menjadi sakit.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar